
Seperti yang sudah dijanjikan, saya menyodorkannya sebuah buku marketing yang baru datang ke Ufuk setelah sebelumnya di – searching di internet. Kalau buku ini recommended, rencananya akan kami terbitkan.
Sampai saat ini dari buku yang sudah diterbitkan, Ufuk Press belum mengeluarkan buku mengenai bisnis. Buku - buku yang sudah terbit adalah seputar biografi, novel, dll. Rencananya yang akan terbit sebagai buku bisnis pertama dari Ufuk adalah The Big Moo. Mudah – mudahan buku ini dapat diterima dengan baik di pasaran.
Ufuk Press memang tidak memilih strategi focus dalam menerbitkan buku. Kami tidak ingin dikenal hanya sebagai penerbit buku tertentu saja, namun lebih memilih menjadi penerbit beragam buku - buku yang berkualitas di masa depan.
Strategi yang dikembangkan di Ufuk Press di tahun pertama ini adalah memperkenalkan brand Ufuk Press sebagai salah satu penerbit yang menerbitkan buku – buku berkualitas sesuai dengan misi dan visinya. Berkualitas dalam arti: content – nya bermanfaat dan memberikan sebuah wawasan, packaging – nya menarik dengan cover dan tampilan yang enak dibaca dll. Karena itu, kebijakan yang Ufuk Press tempuh di tahun – tahun awal ini adalah menseleksi buku – buku yang akan diterbitkan secara hati – hati agar benar - benar sesuai dengan harapan pembaca.
Konsepnya sederhana, "Kami berusaha sudah mengenal siapa yang akan menjadi pembaca (target market) buku yang akan diterbitan". Sejauh ini alhamdulillah, buku – buku dari Ufuk Press cukup mendapat sambutan yang positif dari pembaca.
Sorenya saya mampir ke Gramedia Depok. Ketemu dengan Pak Lia dan Pak Budi di bagian purchasing. Keduanya sangat friendly menerima saya - setidaknya ini pertemuan yang kedua. Setelah meminta data penjulan, saya sempat menyempatkan diri melihat display buku di Gramedia. Bulan Mei ini penjualan Ufuk Press di Gramedia Depok tumbuh sekitar 81% dari total seluruh penjualan di tahun berjalan. Dengan jumlah buku yang masih terbatas, trend ini sangat menggembirakan.
Benar seperti yang Pak Lia sampaikan, Gramedia Depok memang sangat didominasi buku – buku Islam. Ketika saya cek perkembangan buku Holy Blood, Holy Grail misalnya, pergerakan buku itu selama dua minggu hanya terjual 16 buku. Bandingkan dengan penjualan di Gramedia Taman Anggrek yang hari ini saja sudah menembus 150 ekp – padahal belum dua minggu. Kunjungan ke toko kali ini memberikan saya informasi berharga mengenai karakteristik pembaca di Gramedia Depok.
Lepas dari Gramedia, saya mampir sebentar ke Carrefour Depok. Saya lalu ke sudut majalah di lantai dua Carrefour yang banyak menjual peralatan elektronik. Saya buka majalah Swa. Ada satu tulisan mengenai blogcorporate. Saya baca skimming saja. Setelah membaca, pikir – pikir, kenapa tidak sekalian saja saya membuat blog corporate untuk Ufuk Press. Inilah yang menjadi latarbelakang mengapa saya lalu mengisi blog dengan tulisan ini.
Sebelumnya blog ini dibuat untuk memperkenalkan mengenai Ufuk Press sebelum website - nya release. Setelah website jadi, praktis blog ini hanya menjadi aksesoris tambahan untuk Ufuk Press. Saya hanya membukanya untuk mempermudah saya melihat dan berkunjung ke milis - milis buku. Membaca di blog ini jauh lebih menyenangkan daripada membacanya melalui email pribadi.
Jadi bukan promosi, bagi siapa saja yang mengunjungi blog ini pasti akan merasakan manfaat yang sama. Apalagi jika ada yang berlangganan lebih dari satu milis. Ditambah lagi, jika memiliki speaker, bisa juga mendengarkan intstrumental dari lagu Craig David yang disisipkan di blog ini.
Ide blog corporate langsung saja menginspirasi saya untuk mengisi blog ini dengan kabar - kabar yang terjadi di seputar Ufuk Press. Dengan membaca blog ini, para pembaca akan dapat mengikuti perkembangan Ufuk Press dari hari ke hari. Kami pun akan menjadi dekat dengan pembaca.
Blog ini juga dapat menampung seluruh masukan dari pembaca dan lainnya. Ini menjadi sekian sarana berkomunikasi dari kami kepada pihak - pihak internal maupun eksternal.
Selamat membaca!. Kami menunggu komentar dan tanggapan dari anda.
No comments:
Post a Comment